Belajar elektronika dengan mudah, Lakukan 5 hal ini !!!!


Mungkin tidak sedikit orang menganggap elektronika itu sulit. Itu pola pikir kita yang sudah tertanam  ke pikiran bawah alam sadar kita dengan menganggap bahwa elektronika itu sulit, disini mulailah bahwa elektronika itu mudah dan menyenangkan, agar otak kamu bisa mudah menerima semua hal baru yang berkaitan dengan elektronika. Disini saya akan menguraikan beberapa cara belajar elektronika dengan  mudah , serta bahasa yang sederhana agar pembaca mudah memahami apa yang saya sampaikan dalam tulisan ini.

1.       Pelajari tentang hukum Ohm

Sangat penting untuk tahap awal mempelajari elektronika mengetahui hubungan antara arus(I), tegangan(V), Resistansi(Ω), dan juga daya(W) melalui segitiga hukum Ohm. Dari sinilah kita bisa belajar dan memahami tentang arus, tegangan, resistansi, dan daya

 

2.       Mengetahui komponen elektronik dan fungsi komponen secara umum

Komponen elektronika sangat bersifat penting dalam membangun sirkuit elektronika. Setiap komponen memiliki tugas yang berbeda tergantung penempatan komponen di dalam sirkuit elektronika, belum tentu komponennya sama tetapi memliki funsi yang berbeda. Jadi mengetahui nama komponen, bentuk fisik, dan fungsi komponen adalah hal yang wajib. Tetapi, semua hal itu dapat dipelajari dan dipahami secara pelan-pelan. 

3.       Mengetahui simbol komponen elektronik dasar.

Simbol komponen elektronika juga berperan penting dalam setiap perancangan sirkuit elektronik. Setiap komponen elektronik memiliki simbol yang berbeda-beda. Dengan adanya simbol elektronika kita dimudahkan untuk merancang desain sirkuit elektronik, maupun mempelajari sirkuit elektronik lainnya.

4.       Memahami Diagram Blok Elektronik dengan Contoh

Diagram blok elektronik adalah gabungan dari komponen yang memiliki fungsi khusus di dalam sirkuit elektronik. Dengan mengetahui diagram blok elektronik kita bisa mudah untuk mengetahui kerusakan di dalam suatu sirkuit elektronik.Karena di dalam sirkuit elektronik terdapat beberapa atapun banyak diagram blok elektronik yang memiliki fungsi tersendiri atau khusus, tetapi jika salah satu diagram blok memiliki masalah, maka diagran blok elektronik lainnya akan terganggu fungsinya.

5.       Praktikan ilmu yang telah didapat.

Dunia elektronik tanpa praktik sama saja bohong, bukan cuma dunia elektronik saja tetapi semua bidang ilmu. Lakukan membuat proyek kecil yang menyenangkan yang bertujuan untuk mengasah ilmu yang telah didapatkan. Karena di dalam kita membuat sebuat proyek terdapat banyak hal yang tidak kita dapatkan dari materi yang tertulis. Dan jangan pernah menyerah jika kamu membuat proyek gagal, kamu bisa bertanya kepada guru ataupun seseorang yang kamu anggap mumpuni di bidang elektronika. Kegagalan merupakan hal  yang bisa membuat kita membuat kita lebih baik dari sebelumnya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter